KAJATI HADIRI PERESMIAN BENDUNGAN BENDO OLEH PRESIDEN RI DI KABUPATEN PONOROGO

Peresmian Bendungan Bendo oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo. Didampingi oleh Mentri PUPR serta jajaran Forkopimda Jawa Timur yang salah satunya merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Dr. H. Mohamad Dofir, S.H., M.H. Selasa (07/09/2021).

Bendungan Bendo merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan menambah kapasitas tampungan air sehingga keberlanjutan suplai air irigasi ke sawah terjaga. Bendungan yang terletak di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini merupakan bendungan yang akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan juga untuk pasukan air baku 370 liter per detik. Serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir sebesar 31 persen atau 117 meter kubik per detik.

Bendungan Bendo dibangun dengan biaya Rp1,1 triliun. Bendungan tersebut memiliki kapasitas 43 juta meter kubik dengan genangan 170 hektare (ha). Joko widodo Presiden. Berpesan agar Bendungan Bendo dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan menyambungkan bendungan ke seluruh jaringan irigasi yang ada.

“Saya ingin berpesan, agar bendungan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan disambungkan dengan seluruh jalur irigasi yang ada, sehingga masyarakat khususnya para petani bisa meningkatkan produktifitasnya.” Ujar Joko Widodo Presiden RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *