Kejaksaan Tinggi Jawa Timur
Berita Kegiatan

SIARAN PERS Nomor: PR – 27 /M.5/Kph.3/08/2022 DUGAAN KORUPSI PENGALIHAN KEPEMILIKAN ASET PEMKOT SURABAYA BERUPA WADUK DI JALAN RAYA BABATAN UNESA, KEL. BABATAN, KEC. WIYUNG, KOTA SURABAYA

SIARAN PERS
Nomor: PR – 27 /M.5/Kph.3/08/2022DUGAAN KORUPSI PENGALIHAN KEPEMILIKAN
ASET PEMKOT SURABAYA BERUPA WADUK
DI JALAN RAYA BABATAN UNESA, KEL. BABATAN, KEC. WIYUNG, KOTA SURABAYA

Bahwa terdapat Waduk di Jalan Raya Babatan-UNESA, kelurahan Babatan, kecamatan Wiyung, kota Surabaya yang telah ada sejak tahun 1928.
Pada tahun 2002 dan 2003 setengah bagian (separo) tanah waduk tersebut dijual oleh inisial SG dan S kepada AA dan terbit SHGB a.n. PT. ANGZLAND INDONESIA.
Bahwa selanjutnya ada pihak-pihak yang ingin menjual lagi setengah bagian tanah waduk Wiyung yang belum terjual tersebut dengan menggunakan cara Pelepasan Aset Pemkot Surabaya, dikarenakan tanah waduk tersebut telah dicatat sebagai Tanah Aset Pemkot Surabaya).
Bahwa proses pelepasan diawali dengan Ketua LKMD Kel. Babatan saat itu (tahun 2004) mengirim surat permohonan pelepasan kepada Walikota Surabaya, selanjutnya dibentuk Tim Penelitian Pelepasan yang diketuai yang hasil pelaksanaan tugasnya dilaporkan kepada Walikota Surabaya dan dari hasil pelaksanaan tugas Tim Penelitian dan Pelepasan tersebut untuk selanjutnya dimintakan persetujuan kepada Ketua DPRD Kota Surabaya dan disetujui.
Diduga terdapat penyimpangan dalam proses pelepasan aset tersebut antara lain bahwa tanah waduk di Babatan – Wiyung dinyatakan bukan merupakan Bondo Desa atau Aset Pemkot Surabaya (meskipun telah dicatatkan pada Kartu Inventaris Barang (KIB) – Tanah sebagai Aset Pemerintah Kota Surabaya) sehingga bisa dipindahtangankan ke Pihak Ketiga.

Surabaya, 19 Agustus 2022

KEPALA SEKSI PENERANGAN HUKUM
KEJAKSAAN TINGGI JAWA TIMUR

FATHUR ROHMAN, SH. MH.

Related posts

PELIMPAHAN 5 TERSANGKA DAN BARANG BUKTI TRAGEDI KANJURUAN

Kejati Jatim

SIARAN PERS Nomor: PR –929/095/K.3/Kph.3/06/2022 TENTANG JAKSA AGUNG REPUBLIK INDONESIA MENGAPRESIASI AGENDA PEMBAHASAN MUNASLUB PJI TAHUN 2022, PERUBAHAN NAMA PERSADJA MENJADI PERSAJA

Kejati Jatim

PENUTUPAN MACAPAT 96 JAM DAN PENERIMAAN ANUGERAH DARI MURI

Kejati Jatim