Kejaksaan Tinggi Jawa Timur
Berita Kegiatan Kinerja

KAJATI JATIM PEROLEH LENCANA EMAS DALAM PERESMIAN RUMAH RESTORATIVE JUSTICE DI UNAIR

Surabaya – Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati Jatim), Dr. Mia Amiati kembali resmikan ‘Omah Rembug Adhiyaksa’ atau Rumah Restorative Justice (RJ) di Kampus B Universitas Airlangga Surabaya, Kamis (30/6/2022).

Sebelum puncak acara peresmian Rumah RJ, Fakultas Hukum Unair mengadakan kuliah Tamu dengan Kejaksaan Republik Indonesia Prof. Dr. H. ST. Burhanuddin, SH., MM. terkait dengan Keadilan Restorative Justice. Dalam kuliah tamu ini pesertannya diikuti oleh Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Hukum Unair yang berlangsung secara virtual.

Peresmian Rumah Restorative Justice sendiri didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, PJU Polda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya. Serta Kepala Kejari Surabaya Raya, diantaranya Surabaya, Tanjung Perak, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto Kota dan Mojokerto Kabupaten.

Dalam sambutannya Kajati menyampaikan rincian rumah RJ, sampai saat ini hampir 184 Rumah Restorative Justice yang sudah terbentuk seluruh wilayah se-Jatim. Mulai dari kabupaten, hingga kota sekalipun. Salah satunya di Kampus B Unair Surabaya.
“’ Di Provinsi Jawa Timur memiliki Rumah Restorative Justice jumlah terbanyak se-Indonesia dan ada beragam perkara pidana yang dapat diselesaikan yaitu 74 perkara (yang telah rampung)”. Ujar Kajati Jatim

Dengan hal ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan Anugerah Lencana Emas ‘Jer Basuki Mawa Beya’ Kategori Emas kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim Dr. Mia Amiati, dimana dalam proses pengabdian yang belum genap setengah tahun bertugas di Jatim beliau berhasil membangun 184 Rumah Restorative Justice di seluruh wilayah Jatim dan merupakan terbanyak dari seluruh Indonesia.

Puncak acara peresmian kali ini ditandai dengan Penandatanganan Prasasti yang ditandangani oleh Kajati Jatim dan Dekan FH Unair dan Penandatanganan MoU SOP pelayanan Rumah RJ “Omah Rembug Adhyaksa” oleh Kajari Surabaya dan Dekan FH Unair. Kemudian dilanjut dengan Pemukulan Gong, Pemotongan Pita dan Membuka Tirai sebagai tanda diresmikannya Rumah RJ “Omah Rembug Adhyaksa” di Universitas Airlangga Surabaya.

@kejaksaan.ri
@unair.ac.ig
#restorativejustice
#rj
#unair
#universitasairlangga
#surabaya
#jawatimur

Related posts

KAJATI JATIM MENJADI NARASUMBER DI ACARA WEBINAR BANK SYARIAH INDONESIA REGION VIII SURABAYA

Kejati Jatim

Jaksa Agung ST Burhanuddin Raih Penghargaan Detikcom Awards 2023 Sebagai “Tokoh Restorative Justice”

Kejati Jatim

ASISTEN INTELIJEN MEMIMPIN APEL PAGI – 7 PERINTAH HARIAN JAKSA AGUNG RI JADIKAN PEDOMAN DALAM BEKERJA

Kejati Jatim