Kejaksaan Tinggi Jawa Timur
Artikel Berita Kegiatan Kinerja

Kejati Jatim Mewakili Kapuspenkum Kejaksaan RI Hadiri Bimbingan Teknis Bahas Kiat Sukses Mengelola Podcast

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur mewakili Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI yang dihadiri oleh Kasi Penerangan Hukum Kejati Jatim Windhu Sugiarto, SH.MH. ikuti Bimbingan Teknis dengan tema Kiat Sukses Mengelola Podcast yang dilaksanakan di Hotel Royal Tulip Surabaya. Rabu (20/9/2023).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin, mengawali paparannya dengan menerangkan, laporan we are social menyebut pengguna internet di Indonesia saat ini sejumlah 212,9 juta jiwa atau sekitar 77 persen dari total penduduk Indonesia.

Sedangkan pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta jiwa atau sekitar 60,4 persen dari total populasi. Saat ini akses media sosial juga tinggi, 4 dari 10 penduduk Indonesia memiliki akun media sosial lebih dari satu.

Waktu akses internet masyarakat Indonesia, lanjut Sherlita, juga sangat tinggi, yaitu 7 jam 42 menit dalam sehari. 3 jam 18 menit di antaranya digunakan untuk mengakses media sosial.

“Akses internet yang tinggi dan jenis platform media yang semakin beragam menjadi perhatian pemerintah untuk terus adaptif. Podcast ini merupakan salah satu kanal publikasi yang bisa digunakan untuk menyampaikan program dan kebijakan. Kita bisa bercerita prosesnya, target sudah terpenuhi atau belum, dan kisah-kisah di baliknya yang menarik dan diminati Masyarakat,” tutur Kadis Sherlita.

Senada, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Hasyim Gautama, juga menjelaskan perlunya mengoptimalkan pengelolaan informasi dengan semua jenis kanal publikasi yang ada, termasuk Podcast.

“Apalagi podcast punya tren meningkat dan banyak digandrungi Gen Z. Dari sisi konten juga menarik, bisa banyak diskusi, disajikan santai. Jadi semoga bimtek ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita untuk mengelola podcast yang digemari masyarakat,” jelas Hasyim Gautama.

Hadir sebagai narasumber adalah Produser Podkabs, yang merupakan podcast kabinet dan Sekretariat Kabinet RI, Sherin Novira Dewi Avfianty serta Subkoordinator Media Publik Dinas Kominfo Jatim yang juga mengawal podcast “Ruang Informasi” milik Dinas Kominfo Jatim, Lenny Martarina.

Related posts

KAJATI DAN TIM JPN MELAKSANAKAN EKSPOSE 5 KONSEP LEGAL OPINION

Kejati Jatim

JAKSA SAPA PENDENGAR RADIO MELALUI SIARAN RRI DI SURABAYA

Kejati Jatim

Tanggapan Jaksa Penuntut Umum Atas Banding Para Terdakwa dalam Perkara Pembunuhan Berencana Terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat

Kejati Jatim