Kejaksaan Tinggi Jawa Timur
Berita Kegiatan

PEMPROV JATIM GELAR PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER DI MONUMEN TUGU PAHLAWAN

Peringatan Hari Pahlawan 10 November untuk mengingat pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. Sekitar 6000 rakyat Indonesia pun gugur dalam pertempuran di Surabaya itu. Sehingga pada Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Ditahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperingati hari Pahlawan yang digelar di Monumen Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Termasuk Kejaksaan Tinggi Jawa Timur juga ikuit hadir,yang diwakilkan oleh Rudhy Parhusip Koordinator Pada Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Jatim, upacara berlangsung pukul 08.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim. Kamis (10/11/22)

Serankaian acara berjalan dengan lancar, yang diawali dengan penampilan tari kolosal yang dipersembahkan “Tari Laskar Surabaya”. Tarian kolosal itu bercerita tentang resolusi jihad perjuangan santri waktu melawan penjajah, yang digagas oleh Hadratussyaikh Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama.

Kemudian berlangsungnya upacara, Gubernur Jatim menyampaikan, nilai sejarah perjuangan pahlawan harus dikembangkan menjadi praktik edukasi, spiritual, politik, sosial dan kebudayaan.

“Nilai-nilai kepahlawanan dan semua kebaikan harus dirawat dan dijaga melalui / pendidikan untuk memajukan karakter Bangsa,” ujar Khofifah di Tugu Pahlawan.

Selain upacara peringatan Hari Pahlawan, Pemprov Jatim juga memberi lencana Jer Basuki Mawa Beya dan penghargaan bagi mereka yang membawa prestasi untuk Jatim.

Setelah selesai kegiatan Upacara, Gubernur Jawa Timur mengajak jajaran forkopimda dan seluruh tamu undangan menuju ke Jembatan Suramadu dengan mengendarai motor listrik, untuk menyaksikan pengibaran bendera merah putih yang dibentangkan di sepanjang jembatan Suramadu, dimana kain merah putih ini dijahit oleh siswa siswi LP. Ma’arif Mojokerto

Bentangan kain merah putih di jembatan Suramadu ini juga tercatat sebagai Bentangan kain merah putih terpanjang dan tercatat sebagai rekor dunia oleh Muri.

Related posts

Kunjungan kerja Jaksa Agung RI dalam rangka evaluasi kinerja pegawai kejaksaan tahun 2021

Kejati Jatim

Tim pengamanan pembangunan strategis Kejati Jatim melakukan monitoring proyek PT. Pelindo III

Kejati Jatim

KAJATI HADIRI PERESMIAN BENDUNGAN BENDO OLEH PRESIDEN RI DI KABUPATEN PONOROGO

Kejati Jatim