Kejaksaan Tinggi Jawa Timur
Siaran Pers

SAMBUTAN KEPALA KEJAKSAAN TINGGI JAWA TIMUR DALAM ACARA PEMBERIAN BANTUAN KEPADA MASYARAKAT KORBAN BENCANA ALAM LONGSOR DI DESA SUMURUP KECAMATAN BENDUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK DALAM RANGKA PERINGATAN HUT PERSAJA KE-72 TAHUN 2023

Assalamu’alaikum WarahmatullahiWabarakatuh,
Selamat Sore, Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya, dan
Salam Kebajikan.
Yang saya hormati :
– Bupati Trenggalek, Bapak Mochamad Nur Arifin;
– Ketua DPRD Trenggalek, Bapak Samsul Anam, SH.MH.;
– Dandim Trenggalek, Bapak Letkol. Kav. Peddy Adi Prasetyo, S.Sos.;
– Kapolres Trenggalek, Bapak AKBP Alith Alarino, S.I.K.;
– Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek, Bapak Antyo Harri Susetyo, SH.;
– Ketua Pengadilan Agama Trenggalek, Bapak H. A. Zahri, SH.MH.;
– Kajari Trenggalek, Ibu Dr. Masnur, SH.MH. beserta jajaran;
– Para Asisten dan Kabag TU Kejati Jatim;
– Kajari Ponorogo, Kajari Tulungagung, Kajari Blitar;
– Warga Desa Sumurup Kec. Bendungan Trenggalek yang terdampak bencana longsor;
– Hadirin yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu;
Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha kuasa, karena hanya atas limpahan rahmat, karunia, dan perlindungan-Nya, kita semua masih diberi kesempatan hadir bersama-sama pada hari ini untuk saling bertatap muka dalam acara pemberian bantuan kepada warga korban bencana longsor di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek dalam keadaan sehat wal afiat tidak kurang suatu apapun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sholawat serta salam semoga tetap kita curahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, semoga kita semua mendapatkan syafa’at dari beliau di yaumul akhir nanti.
Perlu saya sampaikan bahwa kegiatan pemberian bantuan untuk masyarakat korban bencana longsor ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT PERSAJA KE-72 Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 6 Mei 2023. Persaja sebagai organisasi profesi jaksa hadir alam menjaga marwah institusi Kejaksaan RI sekaligus untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian Jaksa dalam pelaksanaan tugas luhur nan mulia sebagai pengawal kebenaran dan keadilan, menjunjung tinggi hak asasi manusia, serta berpegang teguh pada sumpah jabatan dan doktrin Tri Krama Adhyaksa.
Seperti yang kita ketahui bersama, pada tanggal 18 Oktober 2022 yang lalu, telah terjadi bencana alam tanah longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Trenggalek salah satunya adalah di desa Sumurup Kec. Bendungan yang disebabkan curah hujan tinggi sehingga struktur tanah labil menyebabkan tanah longsor. Kami dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur tentunya ikut merasakan prihatin yang mendalam atas kejadian bencana longsor yang terjadi dan mengakibatkan beberapa kerusakan yang menimpa warga sekitar antara lain : kerusakan rumah/tempat tinggal warga mulai dari yang rusak berat, sedang dan ringan, kerusakan infrastruktur/jalan dan fasilitas umum/ sekolah. Namun di satu sisi, dengan adanya kejadian tersebut kita melihat langkah sigap telah diambil oleh pemerintah provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Trenggalek serta stakeholder terkait dalam memitigasi bencana dan mengatasi dampak yang ditimbulkan serta meminimalisir resiko bencana patut diberikan apresiasi yang setinggi-tingginya sehingga seiring berjalannya waktu permasalahan yang ditimbulkan akibat dari bencana longsor sedikit demi sedikit dapat diatasi.
Bapak, Ibu serta hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan yang baik ini, ijinkan kami selaku Penasihat Persaja Daerah Jawa Timur beserta Pengurus dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong hadir untuk berbagi, berempati dan turut membantu sebagai wujud rasa keprihatinan dan kepedulian kami sesama manusia untuk sedikit meringankan beban yang dirasakan oleh korban bencana longsor yang terjadi di desa Sumurup Kec. Bendungan Trenggalek.
Sebagaimana sering disampaikan oleh Bapak Jaksa Agung RI dalam setiap kesempatan bahwa Jaksa selaku pejabat publik juga merupakan bagian dari masyarakat dan dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, untuk itu diharapkan jajaran kejaksaan dapat meningkatkan rasa kepedulian/sense of crisis terhadap keadaan atau kondisi yang terjadi di masyarakat dan hadir ditengah-tengah masyarakat yang membutuhkan pertolongan dengan mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan menjadi teladan yang baik.
Pada kesempatan yang baik ini, kami dari keluarga Besar Kejaksaan Tinggi Jawa Timur telah mengumpulkan dana dan akan menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban Bencana Alam longsor di Desa Sumurup Kec. Bendungan Kab. Trenggalek yang diwujudkan dalam bentuk barang berupa:
1. Kasur gulung @ KK 4 set kasur total sebanyak 120 set kasus gulung;
2. Tabung Gas Elpiji 3 kg total sebanyak 30 tabung gas
3. Kompor Gas dan regulator total 30 unit
4. Paket Sembako sebanyak 30 paket @ berisi 5 kg beras, minyak 1 liter, gula 1 kg, mie telor 4 pak
5. Pembangunan mushola permanen seluas 8x 6 m
6. Uang tunai @ 2 juta x 30 orang total 60 juta
7. Selimut 120 pcs
8. Sarung 20 pcs, mukenah 20 pcs, sajadah 20 pcs, alquran 20 pcs
9. Sapu, tempat sampah, cikrak @ 30 biji
10. Handuk 50 buah, tikar 30 buah
11. Panci 30 buah, wajan 30 buah
Bapak, Ibu serta hadirin yang saya hormati,
Kami menyadari bahwa bantuan yang kami serahkan tersebut tidak dapat memenuhi sepenuhnya kebutuhan warga terdampak bencana alam longsor di Kab. Trenggalek, namun setidaknya diharapkan dapat membantu dan meringankan beban yang dirasakan saudara-saudara kita.
Mengakhiri sambutan ini, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Trenggalek dan anggota forkompimda yang telah bersedia mendampingi kami dan memfasilitasi acara ini sehingga kami dapat bertatap muka secara langsung dengan warga korban bencana longsor di Kab. Trenggalek.
Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan. Semoga Allah Subhaanahu Wata’ala, Tuhan yang Maha Esa, senantiasa melindungi dan menjauhkan kita dari marabahaya, membukakan pintu kemudahan dan keselamatan bagi kita semua, serta memberikan ketabahan, kesabaran, dan kekuatan bagi saudara kita di Trenggalek untuk kembali bangkit usai musibah ini. Aamiin.. Allahumma Aamiin.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita sekalian,
Om shanti shanti shanti om,
Namo Buddhaya, dan Salam Kebajikan.
KEPALA KEJAKSAAN TINGGI
JAWA TIMUR
Dr. MIA AMIATI, S.H.,M.H.

Related posts

Amir Yanto, Ketua Umum PB IKASI Lantik Roy Siregar Sebagai Ketua IKASI Jatim

Kejati Jatim

Jaksa Agung ST Burhanuddin: “Pesan Netralitas ASN Kejaksaan Menjadikan Kejaksaan Independen dalam Penegakan Hukum”

Kejati Jatim

Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Melaksanakan Inspeksi Umum di Tiga Kejaksaan Negeri

Kejati Jatim